Sabtu, 6 Juni 2020. Selamat datang di website resmi SMA Negeri 1 Sampit

Alasan Kenapa Siswa TIdak Menyukai Matematika

Jum`at, 1 November 2019 18:37:02 - oleh : afatihah
Rating: 2.9/10 (7 votes cast)

Bagi sebagian siswa matematika seperti hantu yang harus selalu dihindari, termasuk saya. Ada banyak alasan siswa tidak menyukai matematika, berikut survei kecil-kecilan yang saya lakukan, alasan kenapa siswa tidak menyukai matematika dalam 2 jawaban terbanyak : 
Siswa Benci Matematika


1. Nisfi Mubarokah (Mahasiswi Ilmu Politik di Universitas Indonesia)

Saya tidak bisa menjawab mewakili sebagian besar orang, tapi saya akan menjawab berdasarkan apa yang saya alami. Pada beberapa tingkat, saya masih menyukai matematika kok, tapi tidak untuk digeluti setiap hari.

Guru SMP saya bilang bahwa dalam matematika semua jawaban benar asal bisa membuktikan. Tapi entahlah, menurut saya dan seperjalanan saya, jawaban di permatematikaan selalu hanya satu. Kekurangmenarikkan matematika bagi saya adalah karena dia fixed.

Saya tidak akan mengatakan bahwa sebagian orang tidak menyukai matematika karena dia sulit. Saya, kalau disuruh masuk jurusan arsitektur mungkin dosennya bisa pingsan karena saya gak bisa gambar. Atau disuruh masuk jurusan sastra yang rumus tata bahasanya alamak saya bisa gila. Semuanya sangat relatif, sulit itu sangat relatif sehingga tidak bisa dijadikan alasan.

Kembali ke matematika, saya selalu kesal ketika mengerjakan matematika dan jawaban saya salah. Apalagi kalau selisihnya cuma sedikit. Apalagi kalau setelah ngitung panjang-panjang jawabannya 0. Ya robbi ngeselin banget !

Saya lebih suka sesuatu yang bebas, cara berfikir yang bebas. Saya suka alasan yang bermacam-macam, saya suka jawaban yang bermacam-macam. Saya senang ketika orang bilang bahwa terorisme disebabkan fundamentisme agama, kemudian yang lain membantah bahwa terorisme disebabkan oleh neoliberalisme. Hasil akhirnya? Bisa jadi fundamentalisme agama + neoliberalisme.

Saya senang ketika orang beranggapan bahwa yang kaya harus bersimpati dengan yang kurang beruntung mengenai pajak. Saya lebih senang lagi ketika dibantah masak yang kaya udah kerja keras masih disuruh bagi ke yang gak kerja keras.

Saya senang ketika diberi satu pertanyaan, jawaban yang muncul bisa bermacam-macam. Saya suka disiplin ilmu saya sebagai art bukan science. Ketika dihadapkan pada ilmu sebagai art saya merasa dunia dan pengetahuan tidak ada batasnya. Seperti titik yang akan terus menghubungkan pada sesuatu yang baru.

Saya tidak membenci matematika. Pada kenyataannya saya masih suka menghitung pakai coretan/bukan kalkulator for fun. Hanya saja matematika tidak memberikan saya banyak kebebasan.

2. Wisnu Adi Nurcahyo (Mahasiswa S1 Informatika di Telkom University)

Jawaban saya berasal dari pengalaman saya belajar matematika ketika SD, SMP, SMA, dan hinggal kuliah saat ini.

Ketika SD saya menyukai matematika karena menurut saya matematika itu menyenangkan. Entah kenapa saya senang dengan angka pada masa itu. Saat masuk SMP, semua itu berubah karena apa yang ditekankan dari matematika kala itu adalah formula dan prosedur yang dikerjakan harus sesuai dengan yang diajarkan oleh guru. Matematika tidak lagi menyenangkan karena apa yang harus dilakukan oleh pelajar pada saat itu adalah menghafal! Parahnya lagi keunikan cara pengerjaan kurang dapat diterima.

Beruntung saat saya SMA mulai menyukai matematika kembali. Sayangnya bukan karena peran guru. Saya menemukan materi tentang Matriks dan itu menarik bagi saya. Saya bahkan mengulas metode-metode yang sudah ditemukan oleh Gauss misalnya lalu mencoba untuk merekonstruksi formulanya dari awal. Benar saja ternyata melakukan itu benar-benar menyenangkan karena imajinasi dan ide saya menjadi liar seketika.

Ketidaksukaan pada matematika umumnya juga disebabkan oleh individu di sekitar kita yang menganggap horror matematika. Mungkin akan berbeda jika sebagaian besar pelajar di suatu kelas antusias saat mempelajari matematika. Ya, atmosfer kelas yang kurang enak saat belajar matematika juga menjadi penyebabnya.

Nah, itu dia 2 jawaban terbanyak, kalau teman-teman yang lain bagaimana, setuju kah?



Kiriman Artikel Terkait

Kepala Sekolah

Kalender Kegiatan
    « Jun 2020 »
    M S S R K J S
    31 1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 1 2 3 4
    5 6 7 8 9 10 11

Suara Anda
    Bagaimana Menurut Anda Tentang Pelayanan Administrasi di SMAN 1 Sampit

     

Statistik Web
    Visitors :954988 Org
    Hits :3006839 hits
    Month :5299 Users
    Today : 548 Users
    Online : 1 Users

Kontak Admin
    1. Achmad Noor :
    2. Tommy BR Lulu :
    3. Nasrullah :
    4. Afif Syahzali :

Top
  • Follows us our servcies